MEMBUAT ALAT PERAGA SEDERHANA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN KONSEP MENGAJAR




Nama             
NPM               :
Tema              : Binatang
Sub Tema       : Binatang Bersayap (Metamorfosis kupu-kupu)


Konsep





Pengaplikasian

1.      Bahan, alat, cara membuat dan cara menggunakan
a.      Bahan
·         Gambar daun, telur, ulat, kepompong, dan kupu-kupu
·         Kertas lipat berwarna
·         Kertas pelangi untuk beground
b.      Alat
·         Gunting
·         Sepidol hitam
·         Lem kertas
c.       Cara membuat
·         Cari gambar clipart di internet yang meliputi gambar daun,telur kupu, ulat, kepompong dan kupu-kupu
·         Print gambar telur, ulat, kepompong dan kupu-kupu tersebut masing-masing dengan ukuran 10cmx10cm atau sesuai keinginan.
·         Potong gambar yang sudah di cetak sesuai dengan bentuk gambar.








·         Cari empat kertas lipat berwarna dengan warna yang berbeda, contoh:




·         Temple gambar daun, telur kupu-kupu, ulat, kepompong dan gambar kupu-kupu yang sudah dipotong di atas kertas warna seperti dibawah ini:
     




·         Setelah itu temple gambar di atas di atas kertas pelangi yang sudah kita sediakan dengan urutan telur, ulat kepompong dan kupu-kupu seperti gambar dibawah, susunan bias disesuaikan dengan kreasi dan selera masing-masing, yang penting urutannya benar
           
d.      Cara menggunakan
·         Sebelum memperlihatkan gambar, guru bercerita tentang kisah kupu-kupu .
·         setelah bercerita, guru memperlihatkan gambar, kemudian menjelaskan bagaimana proses metamorphosis kupu-kupu, dengan mengurutkan gambar .
·         agar anak cepat memahami urutan metamorfosis, perjelas penjelasan dengan menyanyikan lagu tentang metamorfosisi.
·         Setelah anak memahami bagaimana proses metamorphosis, diadakan lomba untuk mengurutkan gambar sesuai urutan.
·         Bagi anak yang paling cepat dan benar diberikan hadiah berupa bintang yang terbuat dari kertas.

2.      Kelebihan bagi anak
·         Dapat menumbuhkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melihat proses terjadinya metamorfosis kupu-kupu.
·         Dapat meningkatkan kemampuan kognitif intelektual sehingga dapat meningkatkan kemampuan membedakan warna, berhitung, mengingat urutan metamorfosisi dll.
·         Dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan cara anak mendengarkan cerita dan menceritakan kembali proses metamorfosis.
·         Dapat meningkatkan kemampuan seni yaitu dengan menyanyi, mendengarkan cerita dan menirukan gerakan kupu-kupu terbang.

3.      Kekurangan bagi anak
·         Ada beberapa anak yang takut dengan ulat, sehingga anak dapat merasa takut dan menangis sehingga kelas menjadi gaduh.
·         Saat mempresentasikan media, banyak anak yang berebut untuk mendapatkan giliran menempel.
·          Banyak anak yang belum faham apa arti metamorfosis.

4.      Kekurangan bagi pembuat
Kekurangan bagi pembuat dalam pembuatan dan mempresentasikan media ini adalah sulitnya menjelaskan makna metamorfosis pada anak karena keterbatasan pemahaman anak-anak

5.      Kelebihan bagi pembuat
Kelebihan media ini untuk pembuat adalah:
·         Mudahnya mencari bahan untuk bahan membuat media
·         Anak-anak suka dengan kupu-kupu sehingga mudah menarik perhatian anak.
·         Dengan media ini guru dapat melatih dan meningkatkan beberapa kemampuan sekaligus yaitu kemampuan mengenal warna, kemampuan berhitung, kemampuan mengingat urutan suatu peristia (dalam media ini urutan peristiwa proses metamorfosisi) dan kemampuan seni yaitu dengan bercerita dan menyanyi tentang proses metamorfosis.
6.      Manfaat media
·         Moral & Nilai-nilai Agama :menyayangi ciptaan Tuhan, berfikir kritis, percaya diri, kreatifitas dll
·         Sosial – Emosional : menunggu giliran untuk bermain (antre)
·         Bahasa : Anak menyimak cerita, anak menceritakan kembali proses metamorphosis.
·         Kognitif : membedakan warna, bentuk, menghitung, menyebutkan makanan ulat dan kupu-kupu, anak mampu mengurutkan objek.
·         Seni : menyanyi sambil menari tentang lagu kupu-kupu, berimajinasi tentang kupu-kupu.
·         Motorik ; menirukan gerak kupu-kupu,

7.      Lagu
METAMORFOSA KUPU-KUPU

Kupu-kupu bertelur
Telur jadi ulat
Ulat jadi kepompong
Lalu berubah menjadi kupu-kupu
Lalu dia terbang dengan sayapnya
Terbang bebas di angkasa
Lalu dia terbang dengan sayapnya
Hinggap dan hisap madu di setiap bunga


loading...